Kamis, 19 Januari 2012

"SAY NO to BULLYING"

Apa sih Bullying itu???

Menurutku bullying adalah suatu tindakan yang dilakukan seseorang untuk menyiksa  atau menyakiti orang lain. Baik itu secara mental (non fisik) maupun secara fisik yang mempunyai banyak dampak buruk, baik bagi pelaku dan tentu saja, korbannya. Dan selain itu, menurutku bullying adalah penyakit sosial yang harus dibinasakan!

Tanpa kita sadari, mungkin kita telah melakukan bullying pada orang lain. Misalnya, mengejek. Well, tanpa kita sadari ketika mengejek seseorang, entah hanya untuk bercanda ataupu emang disengaja, berarti kita sudah mem-bullying ingorang. Kita ga bakal pernah tau apakah orang itu tersinggung atau tidak. Dibalik senyum yang dia tampilkan, di dalam hati ternyata dia nangis. Nah, lo!

Beberapa contoh bullying yang umum di masyarakat sekarang adalah sebagai berikut:
Bully non fisik: menyebarkan kabar burung, mengancam, mengintimidasi entah apapun alasannya, mengejek, mengucilkan seseorang dalam pergaulan, menghasut, dll.
Bully fisik: mendorong, menghajar, menampar, memukul, dan semua tindakan kekerasan fisik lainnya.

Bullying itu banyak memberikan dampak negatif. Baik untuk yang pelaku, maupun yang menjadi korban. Untuk si pelaku, beberapa dampak negatifnya adalah si pelaku menjadi merasa paling hebat dan merasa paling ditakuti oleh orang-orang disekitarnya sehingga membuat pelaku semakin berani bertindak seenaknya. Membuat si pelaku lupa diri dan makin ketagihan melakukan bullying untuk 'memperluas area kerajaan'nya. 
Sedangkan pada korban, dampak yang didapat sangatlah banyak. Untuk bully non fisik misalnya, korban bisa saja menjadi: sangat malu pada dirinya sendiri, korban bakal minder/rendah diri/tidak percaya diri sehingga mundur dari pergaulan, merubah karakter seseorang ketika dewasa jika dibully pada saat masih kecil, dan yang paling parah adalah depresi yang bisa berujung dengan bunuh diri.  Sedangkan bully fisik, semua pasti sudah tau. Korban bisa saja terluka dan bahkan meninggal. Kasian kan?

So, apa kalian merasa pernah nge-bully seseorang. Segeralah meminta maaf. Katakan dengan tulus bahwa kalian tidak bermaksud menyakiti perasaannya. Siapapun pasti ga pengen dirinya atau orang-orang yang disayanginya di-bully oleh orang lain. So, SAY NO to BULLYING... ^^


1 komentar:

  1. iya,aku juga tersinggung banget waktu seseorang membullying aku

    BalasHapus